Jumat, 08 Oktober 2021

83 HARI_BELAJAR SETIAP HARI

Ada banyak hal yang tidak ku mengerti di dunia ini dan aku pun bingung harus pergi kemana untuk mencari jawabannya. Mungkin sampai aku mati pun akan takkan pernah berhasil menemukan jawaban itu, tapi aku akan merasa senang jika hampir mendekati jawaban yang ku cari selama ini. 


Belajar setiap hari itu adalah hal yang akan kulakukan sepanjang hidupku. Aku tau ketika belajar sesuatu yang baru ada kesulitan-kesulitan yang harus kulalui untuk dapat menguasai hal yang ku inginkan. Ketika menghadapi moment demi moment kesulitan terkadang ada rasa senang dan terkadang juga ada rasa ingin menyerah. Aku tau hal itu tapi terkadang ketika mempelajari hal baru dan stuck dalam waktu yang lama rasanya aku ingin menyerah dan menghilang dari dunia.


Ketika stuck dalam mempelajari sesuatu rasanya pengen nangis kenapa aku tidak mengerti apapun yang ku pelajari dan timbul pikiran-pikiran negatif lainnya yang menyuruhku untuk berhenti. Apa yang sedang kau pelajari, untuk apa kau belajar ini, demi siapa kau belajar ini,  apa yang ingin kau perjuangkan, dan apakah dunia membutuhkannya ? mungkin itu adalah sederet pertanyaan yang akan muncul dikepalaku. 


Ada satu hal yang pasti kenapa aku mempelajari hal baru walaupun itu susah. Aku tau apa yang ku inginkan, aku tahu apa yang ku mau dan aku melakukan hal itu hanya untuk diriku sendiri. Ya aku belajar sepanjang waktu hanya untuk diriku sendiri. Mungkin terdengar egois tapi itu adalah kenyataannya. Jika aku tak bisa membantu diriku lepas dari kebodohan ini bagaimana aku bisa membantu orang lain. Sebelum kau membantu orang lain, bantulah dirimu terlebih dahulu. Kau bukan Tuhan yang siap membantu orang lain tanpa batasan.


Ketika kau ingin membantu orang lain lihat dirimu terlebih dahulu, jangan kau korbankan dirimu demi membantu orang lain. Oh bukan itu yang ku maksud. Mungkin akan ada yang salah mengartikannya. Untuk membantu orang lain, bantulah sesuai dengan kemampuanmu itulah yang ingin kusampaikan. Membantu orang lain sesuai dengan kesanggupan itu jauh lebih baik daripada kau membantu oranglain sampai kau mengorbankan diri itu sama halnya dengan bunuh diri. Boleh kau membantu orang lain sampai pol-polan jika hal itu dibolehkan oleh agama.

Belajar dan belajar, sepanjang hidup harus di isi dengan belajar. Belajar tak harus lewat sekolah, belajar tak harus lewat buku karena media belajar ada banyak macamnya. Apa tandanya seseorang dikatakan sudah belajar salah satu cirinya Dia telah berubah lebih baik dari hari kemarin. Ingat tanda seseorang telah belajar adalah bukan menjadi lebih baik dari orang lain tapi menjadi lebih baik dari dirinya dimasa lalu baik dalam hal pengetahuan maupun dalam hal perilaku. 


Tulisan ini aku buat sebagai bahan belajar. Ya aku sengaja membuat artikel ini sebagai bahanku belajar dalam menulis. Bukankah semua orang bisa menulis. Ya aku tau itu, tapi tidak semua orang bisa membuat tulisan. Aku menulis ini sebagai bahan latihan dalam menulis. Aku ingin mengetahui sejauh mana perkembanganku dalam dunia kepenulisan. Selain itu aku menulis juga ingin berbagi hal apa yang sudah ku pelajari dan ingin membantu orang lain dengan sedikit ilmu yang kumiliki. Jika tulisan yang aku buat bermanfaat bagi orang lain, aku merasa senang karena dapat membantu orang lain.



Ini adalah 83 hari menuju 2022. semoga aku bisa konsiten dalam membuat tulisan di blog ini



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon