Jumat, 03 Januari 2020

Tips Ampuh Belajar Menulis Bagi Pemula

Tags

Pembahasan Soal UN Matematika SMA IPA 2017 Part. 6

Sejujurnya tulisan di artikel ini ditujukkan untuk diri penulis sendiri. Menulis khususnya bagi pemula seperti saya, jujur rasanya itu sangat sulit sekali. Berjam-jam duduk di depan laptop satu kata pun sulit rasanya tertuang dalam bentuk tulisan walaupun sudah banyak ide yang berseliweran dikepala.

Ketika pertama kali memulai menulis, kita seringkali terbelenggu oleh perasaan malu atau ketakutaan-ketakutan yang sebenarnya tidak perlu. misalnya ketika baru saja kita membuat tulisan kita langsung menghakimi, bahwa tulisan kita jelek, atau belum juga menulis, kita langsung buru-buru bilang atau menjudge diri kita sepertinya emang gue gak punya bakat nulis.

Bagi para pemula, menulis seringkali dianggap pekerjaan yang rumit lagi menakutkan seolah-olah untuk membuat sebuah tulisan yang baik kita membutuhkan teori atau rumus yang rumit lagi menjelimet.

"Mulai aja dulu" itu adalah sepenggal kalimat yang menjadi salah satu tagline iklan yang seringkali muncul di tv belakangan ini. "Mulai aja dulu" itu adalah langkah pertama yang harus kita ambil sebagai penulis pemula untuk belajar menulis. Jika kita tidak berani mencoba bagaimana kita tahu hasil akhirnya. karena takut mencoba berati siap gagal

oke, baiklah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi  tips cara ampuh belajar menulis bagi pemula. Tips ini khusus ditujukan kepada teman-teman pembaca yang ingin belajar menulis, bahwa menulis itu sebenarnya mudah. Menulis itu semudah kita ngomong, jadi menulislah seperti kita berbicara kepada orang lain. Adapun tips yang saya bagikan di antaranya adalah :

1. Mulailah Menulis dari pengalaman pribadi
Langkah paling mudah untuk belajar menulis bagi pemula adalah dengan menulis dari pengalaman pribadi. Cobalah tuangkan pengalaman pribadi yang anda alami secara langsung kedalam bentuk tulisan. Tulislah cerita atau penglaman anda dengan menggunakan bahasa yang santai seperti anda berbicara kepada orang lain. Pengalaman atau cerita sekecil apa yang anda alami dapat menjadi sebuah kisah menarik dan dapat menginpirasi orang lain.

2. Tidak usah terikat aturan baku
Ketika pertama kali mencoba untuk belajar menulis, abaikan saja aturan-aturan yang ada. Fokus kita adalah belajar menulis dulu. Menulislah seperti kita ngomong kepada orang lain.

3. Menulislah setiap hari
Setelah kita bisa menulis walaupun itu tulisan yang sederhana. Langkah selanjutnya yang paling penting ialah jadikan menulis sebagai kebiasaan kita sehari-hari. Luangkan waktu senggang anda untuk menulis di setiap harinya.

Dengan menjadikan menulis sebagai rutinitas, anda akan terbiasa membuat tulisan setiap harinya. Walaupun terkadang ada di waktu-waktu tertentu anda merasa buntu untuk menulis sesuatu, tapi jika kita terbiasa untuk menulis setiap hari, otak akan terpacu untuk menemukan ide dan membantu kita untuk merangkai kata dalam menulis.

4. Banyak Membaca
Untuk membuat tulisan kita semakin hari semakin baik, perbanyaklah membaca. Bagi penulis membaca adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan tanpa tapi. Dengan banyak membaca, kita akan banyak memperoleh informasi yang dapat dijadikan sumber referensi, menambah kosakata, dan secara tidak langsung kita akan belajar atau mengetahui seperti apa gaya menulis yang dapat menarik atau menyentuh hati pembaca agar betah berlama-lama membaca tulisan kita, tanpa rasa bosan.

Luangkanlah waktu untuk membaca setiap hari, untuk bahan bacaannya sendiri bebas, terserah anda. Entah membaca buku, koran, majalah, komik, novel atau yang lainnya. Intinya adalah dengan membiasakan diri untuk banyak membaca dan membaca, membuat diri kita menjadi lebih kreatif karena kita telah menelan berbagai informasi dan kosakata baru sehingga kita akan lebih mudah dalam mengukapkan atau bercerita tentang sesuatu dalam tulisan kita nantinya.

Demikianlah tips ampuh belajar menulis bagi pemula yang dapat saya bagikan kepada teman-teman pembaca. Semoga dapat menginpirasi bagi teman-teman pembaca sekalian.

Sesungguhnya menulis itu mudah seperti halnya kita ngomong kepada orang lain. Ingat menulis itu sebuah proses yang harus dikerjakan, Menulis itu bukan sekeder niat apalagi wacana. Mulai sekarang Menulislah setiap hari dan jadikan kebiasaan. Jangan takut merangkai kata-kata dan tidak usah takut menuangkan kalimat-kalimat pada tulisan kita.

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel singkat ini yang berjudul " Tips Ampuh Belajar Menulis Bagi Pemula". Semoga informasi yang terkandung dalam tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.


Salam Sukses & Happy Writing....!!!

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon